Negative Skin Friction

Pada saat memancang pile dengan tipe drive pile, maka akan terjadi apa yang dinamakan dengan elastic shortening . Elastic shortening adalah peristiwa pada saat pile mengalami deformasi elastic. Pada peristiwa negative skin friction ada hal penting yang perlu diketahui yaitu, negative skin friction terjadi hanya ketika soil settlement lebih besar dari pile settlement. Artinya adalah penurunan tanah lebih besar daripada penurunan pile sendiri akibatnya adalah seperti bisa dilihat seperti gambar dibawah ini.

Gambar di atas menunjukkan pile yang terlepas dari pile cap-nya. Pada kondisi seperti di atas ada hal yang perlu diperhatikan yaitu tentang kekuatan struktur dari pondasi dalam (pile dengan capnya).

Mencari Tau Seberapa Dalam Negative Skin Friction Yang Terjadi

Untuk mengetahui pada kedalaman berapa negative skin friction terjadi maka ada beberapa hal yang perlu diketahui yaitu :

1. Settlement yang terjadi pada tanah

Besarnya settlement yang terjadi pada tanah dapat diketahui dari formula Terzaghi and Pack. Untuk  mencari tau nilai settlement maka harus diketahui dulu nilai dari tegangan efektif (awal), preconsolidation stress, dan final effective stress. Dari nilai ini kemudian dapat kita input ke dalam persamaan terzaghi dan didapatkan besarnya settlement yang terjadi.

2. Pile Settlement yang terjadi

Pile Settlement yang terjadi merupakan gabungan antara pile elastic compression (yang didapat dari hukum hooke) dan pile top settlement yang diperoleh dari rumus Poulos Davis.

Dengan mengetahui pile settlement dan soil settlement yang terjadi maka dapat diplot dalam bentuk grafik settlement (dengan memasukkan dua series diatas) terhadap kedalaman. Dengan memplot grafik tersebut dapat diketahui sampai kedalaman berapa negative skin friction terjadi.

Dari grafik di atas dapat diketahui neutral plane berada pada kedalaman 3,5 meter. Neutral plane adalah garis netral dimana friksi di titik di garis tersebut adalah nol. Artinya adalah negative skin friction terjadi hanya sampai pada kedalaman 3,5 meter.

– Tyo –


Leave a comment